Header Ads

Ciri Ayam Jago Ciparage Karawang

Ayam Jago Ciparage Karawang


Ayam Jago Ciparage Karawang
– Tahukah kamu ? Nyatanya Indonesia miliki ayam petarung yang kondang kehebatannya serta gak kalah dengan Ayam bangkok dari Thailand itu loh. Ayam itu merupakan Ayam Jago Ciparage, ayam model ini punya postus yang gagah, punya keistimewaan berlaga serta bulu kilap yang menonjol.

Apabila dipandang selintas, ayam Ini hampir mirip ayam bangkok. Akan tetapi, ayam ini tak punya bodi setegap ayam bangkok juga ukurannya yang semakin pendek dari ayam bangkok.

Asal Muasal Ayam Jago Ciparage

Sama dengan namanya, Asal Muasal Ayam Ciparage Yaitu dari desa Cilamaya yang ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Dikenal jadi Ayam Turunan Punya Salah Seseorang Petinggi Negara.

Menurut mitos yang ada, konon ujarnya ayam petarung ciparage yaitu hasil ayam trah dari ayam yang paling disayangi punya salah seseorang yang dikenal dengan panggilan Panembahan Singaperbangsa, yang memegang jadi bupati kabupaten karawang pertama yang berpredikat Adipati Kertabumi IV.

Ciri Ayam Jago Ciparage

Ayam Jago Ciparage Punya Ciri yang begitu unik jadi ayam petarung. Mempunya bentuk paruh yang semakin pendek dari ayam bangkok serta sedikit meliuk runcing. Punya bulu yang cukup tebal, kaki menguasai punya warna kekuningan serta warna bulu mengkilap yang menonjol.

Ayam model ini miliki 2 warna bulu yang menonjol serta unik. Ada yang punya warna hitam menguasai yang berbaur sedikit hijau juga ada warna kuning keemasan dengan paduan sedikitcoklat.

Keunggulan Ayam Jago Ciparage

Dari narasi peristiwa botoh tetua, ayam petarung ciparage ini punya type tarung yang cukup spesial. Punya teknik berlaga yang cepat serta tangkas. Bisa melaksanakan pukulan terus-menerus yang cukup keras serta benar-benar membahayakan. Arah gempuran menguasai ke sisi kepala serta leher maka kerapkali dapat KO sekejap apabila perihal pas saraf saingannya.

Ayam ini bisa menandingi ayam dengan berat berat sama dengan ayam pakhoy atau ayam bangkok. Meskipun demikian, sayangnya ayam model ini tidak sangat kondang lantaran sekurangnya pembudidayaan, maka cuma dikenal oleh sejumlah penghobi ayam di tanah jawa.

Simak Juga Ulasan : Asal Usul Dan Juga Tradisi Sabung Ayam Toraja

Demikian review perihal Ayam Jago Ciparage Karawang yang bisa kami kaji, mudah-mudahan berfaedah ya teman dekat pemainayam !

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.