Header Ads

Asal Usul Dan Juga Tradisi Sabung Ayam Toraja

Asal Usul Dan Juga Tradisi Sabung Ayam Toraja

Asal Usul Dan Juga Tradisi Sabung Ayam Toraja Di kutip dari narasi yyaanngg ada. Itu merupakan adat peradilan yyaanngg libatkan sabung ayam gara-gara terdapatnya perseteruan ke-2 pihak yyaanngg merasakan perseteruan sama-sama suku toraja. Adat ini udah ada sejak mulai masa nenek moyyaanngg tetua masa dulu. Di tahun 1967 hingga 1979 semua suku toraja setuju dengan adat itu.

Menurit Narasi, Tetua Tradisi Dan Juga Adat Suku Toraja terdiri dalam Ne Mika, Ne Gandang Palo lian, Ne Silamba, Ne Karre juga Ne Banne Borong. Menyetujui mesti menghargai ketentuan dari Tarian Tarian Pitu dengan mutlak.

Konon Ceritanya, Menyetujui ketetapan dari peradilan tradisi itu lantaran adat peradilan Tarian Pitu datang dari ajaran agama leluhur. Adat itu di yakin udah ada dulu kala di atas langit sebagai riwayat dari nenek moyyaanngg suku toraja.

Asal Usul Sabung Ayam Toraja

Asal Usul Sabung Ayam Toraja Di kutip dari sejumlah sumber. Sesungguhnya Tradisi Dan Juga Adat peradilan ada beberapa tipe. Satu diantaranya merupakan Si-Londongan atau Massaung Manuk, adat peradilan Tarian Pitu yyaanngg libatkan perlawanan sabung ayam.

Ke-2 pihak yyaanngg ikut serta perseteruan bakal dimohon oleh penghulu atau pimpinan Aluk Todolo buat berdoa serta bersumpah lebih dahulu sebelum kompetisi sabung ayam dimulai. Dalam doa serta sumpah itu keluarkan bunyi : "Apabila siapa yyaanngg tak betul maka dapat kalah" serta "Apabila siapa yyaanngg betul, karenanya tak merasakan suatu".

Seusai doa dan juga sumpah udah tuntas, ke-2 pihak yyaanngg berbeda itu mencelupkan tangan di pada air dengan berbarengan. Apabila udah tuntas, karenanya si Penghulu atau pimpinan Aluk Todolo bakal memerintah ke dua faksi yyaanngg ikut dan juga perseteruan atau perseteruan menentukan semasing ayam jago buat di beradu.

Tradisi Dan Juga Adat Sabung Ayam Toraja

Sama hal yyaanngg udah kami kaji awal mulanya, Tradisi Dan Juga Adat Sabung Ayam Toraja ini sebagai satu diantara peradilan adat Tarian Pitu di Toraja. Sewaktu ke dua faksi udah menentukan ayam jago semasing, maka dapat di teruskan dengan doa dan juga sumpah oleh Penghulu atau pimpinan Aluk Todolo.

Isi dari doa dan juga sumpah itu yaitu "Apabila ayam aduan yyaanngg bersalah maka dapat mati dalam petarungan dan juga ditetapkan kalah". "Dan faksi yyaanngg betul karenanya ayam aduannya bakal baik-baik dan juga ditetapkan jadi juara". Lalu ke dua kaki ayam semasing bakal di kenakan taji yyaanngg runcing dan juga tajam setelah itu langsung di beradu buat cari pemenangnya.

Sesungguhnya taji ini dahulunya tak ada, akan tetapi buat memercepat kompetisi tiap-tiap ayam aduan berniat di kenakan taji runcing dan juga tajam. Arahnya biar perlawanan terjadi tambah cepat dan juga ketua adat dapat langsung memastikan.

Dari Keyakinan Aluk Todolo perihal model Tradisi Dan Juga Adat Si-Londongan, sesungguhnya udah berada pada langit sejak mulai masa dulu kala yyaanngg dengan berniat di turunkan ke bumi oleh nenek moyyaanngg dari Suku Toraja yyaanngg punya istilah Pong Mula Ketahui. Oleh karenanya sabung ayam di toraja berubah menjadi sisi dari budaya penting oleh Suku Toraja.

Pemahaman Taruhan Sabung Ayam Online

Sabung Ayam Online Sv388 Adalah Situs Penyedia Layanan Pertandingan Sabung Ayam Live Yang Di Liput Langsung Melalui Arena/Gelanggang Di Berbagai Negara Di Asia. Seperti Negara Filipina, Vietnam, Laos, Kamboja, Dominika, Peru Dan Thailand.

f:id:Pemainayamjago:20200831141953j:plain

Sabung Ayam Sv388

Promo Bonus : 

  • Bonus Deposit Member Baru Sebesar 10%
  • Bonus Deposit Harian 5%
  • Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
  • Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
  • Bonus Spesial 100% Win Beruntun
  • Bonus Referral 7% + 2%
  • Bonus Deposit Pulsa Tanpa Potongan

Simak Selengkapnya Kunjungi : https://bit.ly/31HaFqh

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.