Header Ads

Cara Menyembuhkan Ayam Berak Kapur

Pengobatan Ayam Berak Kapur

Cara Menyembuhkan Ayam Berak Kapur, Penyakit Berak Kapur atau mungkin dengan panggilan lain Pullorum adalah salah satunya penyakit yang karena oleh bakteri salmonella pullorum dan bakteri tangkai gr negatif. Penyakit ini adalah diantaranya penyakit ayam yang dapat menyebar pada unggas yang lain. 

Penyakit ini bisa menimbulkan mortalitas tinggi pada anak ayam jago aduan di umur 1-10 hari dan memiliki waktu inkubasi sepanjang 7 hari. Bukan hanya ayam saja, penyakit ini dapat juga menyerang hewan unggas tipe yang lain seperti merpati, kalkun, lovebird serta hewan unggas yang lain. Lewat riset, bakteri pemicu dari penyakit ini bisa bertahan ditanah sepanjang 1 tahun. 

Penyakit pullorum ini adalah penyakit menyebar yang sering seringkali berlangsung pada beberapa peternakan atau beberapa penghobi ayam jago aduan. Jumlahnya kematian tertinggi seringkali berlangsung pada anakan ayam atau unggas yang lain yang barusan menetas. Serta tertera Angka kematian yang berjalan pada anakan ayam melalui 48% tengah angka mortalitas yang dapat sampai 90%. 

Bahaya Penyakit Berak Kapur 


Penyakit pullorum bisa menural kemana saja. Serta sering sekali penyakit pullorum ini bisa menebar dengan beberapa keadaan diantaranya penyakit ini menyebar dari induk ayam jago aduan pada telur, menyebar melalui adu fisik ayam serta yang paling akhir ialah sebab keadaan kandang atau lingkungan. 

Tanda-tanda Penyakit Berak Kapur 

Pertanda ayam yang terkena penyakit berak kapur ini ialah : 
1. Nafsu makan alami penurunan 
2. Lemas Tiap Waktu 
3. Kotoran ayam seperti kapur 
4. Di bagian dubur ada kloaka kering serta berwarna putih 
5. Jengger Ayam beralih warna 
6. Sayap kelihatan seperti menggangung 
7. Mata tertutup 
8. Kelihatan Lumpuh 

Penyembuhan Penyakit Berak Kapur Atau Pullorum 


Pengobatan Berak Kapur atau Pullorum ini anda tangani dengan memberi antibiotik pada ayam seperti antibiotik furozolidon, tetra, coccilin atau neo terramycin. Tetapi obat-obat itu berperan untuk menahan kematian pada ayam jago aduan anda, Sebab tidak bisa menghilangkan infeksi penyakit itu. 

Anda dapat juga beri antibiotik yang lain seperti antibiotik barisan sulfa. Dari berberapa insiden karena penyakit ini, banyak info yang menginformasikan, pemicu penyakit berak kapur ini dapat menebar hampir kesemua unggas karean tidak sigap menanganinya. Harusnya unggas yang terkena penyakit pullorum sebaiknya segara di musnahkan supaya tidak menyebar pada unggas yang lain.


Demikian keterangan tentang penyakit pullorum atau penyakit berak kapur pada ayam jago aduan kesempatan ini.. Mudah-mudahan berguna Sahabat!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.