Header Ads

3 Jenis Ayam Bekisar Yang Rajin Berkokok


Ayam bekisar yang rajin berkokok ialah ayam yang ukurannya lebih kecil jika kita banding dengan ayam kampung jantan. Warna dari bulu ayam ini rata-rata ialah hitam kehijauan yang benar-benar mengkilap serta punyai keunikan suara berkokok merdu. 

Ayam ini adalah hasil persilangan di antara dua type ayam yang berlainan yakni Ayam Rimba Hijau Jantan (Gallus Varius) dengan Ayam Kampung Betina (Gallus Gallus Domesticus). Ada beberapa macam Ayam Bekisar diantaranya yakni: 

3 Jenis Ayam Bekisar Yang Rajin Berkokok

1. Gallus aenus 

Ayam bekisar type ini mempunyai ciri yakni jengger yang ukurannya sedang, mempunyai jengger yang bergerigi 8 dengan ukuran kecil, warna bulunya mempunyai susunan warna ungu serta dikit plisir kuning emas. 

2. Gallus temminckii 
Type ayam ini mempunyai sinyal jengger berwarna merah hijau (Pink), mempunyai jengger yang bergerigi 6 dengan ukuran tidak teratur besar-kecil, memiliki warna bulu merah mengkilap serta berplisir berwarna merah kecoklatan. 

3. Gallus violaceus 
Mempunyai ciri jengger bergerigi halus benar-benar bagus, ukuran jenggernya sedang, mempunyai warna bulu ungu yang mengkilap serta halus. 

Ciri yang benar-benar mencolok dari ayam bekisar ini ialah mempunyai bentuk leher yang bundar/lonjong bukan lancip pada ujungnya. Jika dibanding dengan ayam aduan tentu benar-benar jelas kelihatan. Tetapi, Ayam bekisar ini benar-benar seperti dengan beberapa ayam hias yang mempunyai persilangan di antara ayam rimba yang lain diantaranya ialah ayam bekikuk. 

Asal Usul Ayam Bekisar

Asal Usul Ayam Bekisar ini ialah hewan unggas ciri khas Pulau Kangean serta Kabupaten Sumenep, serta adalah satu diantara Fauna maskot spesial propinsi Jawa Timur. Ayam ini dikembangbiakkan oleh beberapa fans dengan keinginan membuahkan suara yang indah serta merdu. 

Tidak gampang untuk pelihara Ayam bekisar ini, sebab benar-benar gampang terkena penyakit yang dapat berbuntut kematian. Harga ayam ini mempunyai nilai jual yang benar-benar mahal. 

Ayam Bekisar yang mempunyai titel juara atas kualitas suaranya yang benar-benar merdu serta fisik yang bagus jadi satu diantara pendorong nilai jual yang harga cukup fenomenal. Tidak tanggung-tanggung, ayam ini ada yang di jual beberapa puluh juta sampai beberapa ratus juta. Ayam bekisar asli sekarang susah diketemukan serta telah masuk satu diantara type hewan unggas yang di jagalah rasio nasional oleh pemerintahan ditempat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.