Header Ads

Penyebab Ayam Menjadi Lumpuh Dan Cara Mengatasi

Cara Mengobati Ayam Jago Lumpuh

Penyebab Ayam Menjadi Lumpuh Dan Cara Mengatasi


Penyebab Dan Cara Mengobati Lumpuh Pada Ayam Jago Aduan, Menjadi seorang penghobi ayam jago pastinya akan merasa panik dan sedikit syok ketika melihat ayam peliharaan kita tiba-tiba lumpuh secara mendadak. Ayam jago akan berdiam diri ditempat dan tampak lemas.

Hal semacam ini memanglah tidak dapat di pungkuri dan tidak dapat terhelakkan, penyakit apa saja bisa menyerang peliharaan kita seperti penyakit ayam lumpuh ini. Suatu penyakit yang tidak dapat diprediksikan dan dapat terjadi kapanpun.

Pembahasan kali ini pemainayam.club ingin mengulas sedikit pengalaman mengenai penyakit ayam lumpuh kepada sobat penghobi ayam aduan dimanapun kalian berada serta ingin memberikan beberapa tips untuk mengobati ayam jago lumpuh dengan beberapa metode.

Penyebab Ayam Menjadi Lumpuh

Penyakit Ayam Lumpuh memanglah merupakan penyakit yang tidak bisa di prediksikan. Namun, penyakit ini bisa terjadi akibat beberapa faktor yang mungkin tidak kami sadari. Faktor tersebut antara lain adalah :

1. Gizi Ayam Buruk

Pakan menjadi sumber gizi yang berfungsi untuk mendorong masa pertumbuhan ayam aduan, pakan dengan gizi yang kurang baik atau buruk maka bisa berdampak pada kesehatan ayam aduan lumpuh.

2. Bibit Ayam Jago Buruk

Dalam memilih ayam jago aduan, memang banyak faktor yang harus di perhatikan, antara lain adalah bibit dari kecil. Bila anda salah memiliki ayam dengan bibit buruk, maka hal semacam penyakit lumpuh ini bisa saja terjadi pada ayam.

3. Terkena Benturan

Penyebab ayam menjadi lumpuh juga bisa di sebabkan dikarenakan ayam mengalami benturan keras sehingga membuat ayam menjadi lumpuh. Biasanya sering terjadi sewaktu bertanding ataupun terkena benturan benda keras.

4. Akibat Cuaca Buruk

Cuaca buruk menjadi salah satu faktor membuat ayam jago lumpuh secara tiba-tiba hal tersebut sering terjadi disaat musim hujan, karena sulitnya adaptasi tubuh ayam sehingga mengalami kelumpuhan. Maka wajib bagi anda mengetahui bagaimana cara merawat ayam sewaktu musim hujan.

5. Kandang Sempit

Kandang yang sempit bisa menjadi penyebab ayam mengalami kelumpuhan. Karena ayam tidak memiliki ruang untuk bergerak sehingga peredaran ayam menjadi tidak lancar yang bisa membuat ayam jago menjadi lumpuh secara tiba-tiba.

Hal tersebut paling sering terjadi ketika ayam dalam proses pengiriman antar kota ataupun dikandangin dalam ruangan yang terbatas sehingga membuat ayam tidak mampu bergerak sama sekali.

Obat Tradisional Ayam Lumpuh

1. Daun Sirsak

Obat tradisional untuk sembuhkan ayam jago yang mengalami lumpuh bisa menggunakan ramuan yang di buat dari daun sirsak. Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirsak dengan mengkompres kaki ayam yang lumpuh atau dengan menumbuk halus daun sirsak lalu tempelkan bagian kaki ayam.

2. Kulit Manggis

Bahan kedua yang bisa digunakan adalah kulit manggis, bahan herbal alami yang satu ini mengandung senyawa anti oksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit lumpuh yang terjadi pada ayam. Cara mengobati juga sama seperti Daun sirsak.

3. Racikan Herbal Tradisional

Racikan herbal ini sering digunakan oleh orang-orang yang mengalami lumpuh dan dapat di gunakan untuk mengobati ayam jago aduan anda yang sedang mengalami penyakit lumpuh ini. Berikut racikannya :

Bahan Racikan Obat Tradisional Ayam Lumpuh

• Bawang Merah
• Daun Binahong
• Minyak Kayu Putih
• Asam Jawa

Cara Meracik Obat Tradisional Ayam Lumpuh Diatas

Untuk meraciknya sangatlah mudah, anda hanya perlu menggabungkan keempat bahan tersebut sesuai porsi kebutuhan yang ingin anda gunakan, namun standarnya gunakan 2biji bawang merah, 1/4 asam jawa halus, 2 sendok makan minyak kayu putih, 4 helai daun binahong.

Lalu campurkan menjadi satu keempat bahan tersebut, tumbuk sampai rata semua bahan tersebut, cara penggunakan racikan obat tradisional ayam lumpuh ini adalah dengan mengoleskan cairan yang dihasilkan dari campuran keempat bahan tersebut, oleskan lalu pijit ringan secara perlahan, lakukan 2x sehari secara rutin setiap harinya.

Obat Ayam Lumpuh Olahan Pabrik

Anda juga bisa menggunakan obat olahan pabrik yang sudah di racik khusus untuk mengobati ayam lumpuh yang sudah melewati tahap penelitian yang sudah banyak beredar dan di jual secara online ataupun di toko-toko khusus unggas.

Obat-obatan tersebut antara lain adalah obat CALVITA, CAPIROX, OSTEO PLUS yang banyak dijual saat ini. Selain itu juga ada obat import dari thailand bernama W1000 yang banyak digunakan para botoh penghobi ayam jago aduan untuk mengobati ayam jago aduan mereka yang lumpuh.


Penyakit ayam lumpuh ini memanglah sangat menghawatirkan pasalnya namun banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit tersebut. Anda bisa menggunakan beberapa bahan tradisional diatas untuk mengobati ayam anda yang lumpuh.

Demikian ulasan artikel mengenai Cara Mengobati Ayam Jago Lumpuh pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan membantu sobat penghobi ayam aduan dimanapun berada. Bila anda merasa artikel ini berguna dan bermanfaat maka share dan bagikan ke facebook atau teman-teman anda semuanya :)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.