Header Ads

Misteri Ayam Hitam Cemani


Ulas Selesai Misteri Ayam Hitam Cemani, Asal Saran Ayam Cemani satu diantara ayam yang berwarna hitam hampir di semua badan ini kenyataannya sudah ada dari era ke-15 saat Kerajaan Majapahit masih berjaya di saat itu. 

Asal mula Ayam Cemani ini datang dari tanah jawa serta di klaim kali pertamanya di punya oleh seseorang habib sakti yang bernama Ki Ageng Mangkuhan. 

Tetapi tahukah kamu ? Mitos Ayam Cemani ? Ayam Jenis ini Banyak menaruh misteri serta hal mistis yang sedikit orang tahu. Tersebut Baca penjelasan berikut ini ! 

Ayam Cemani Bisa Mengobati Sakit

Dari narasi kuno pada zaman itu habib sang pemilik ayam ini sukses sembuhkan orang sakit memakai ayam cemani ini. 

Awalannya ayam cemani ini ialah ayam berbulu hitam yang mempunyai paruh berwarna putih sebab mempunyai manfaat sakti yang bisa mengobati orang. Membuat orang punya niat membudidayakan ayam ini lewat cara mengawin silangkan dengan ayam hitam legam. 

Tetapi dari hasil kawin silang itu terbentuk anak ayam yang berwarna hitam dengan keseluruhannya dari mulai bulu dan paruhnya yang berwarna hitam. Ayam ini lalu diberi nama cemani dalam bahasa sansekerta yang mempunyai makna Hitam Legam. 

Mempunyai Kemampuan Magis

Ayam cemani pada intinya mempunyai 3 type kemampuan magis yakni Cemani Kaikayi, Widitra serta Warastratama. Dimana di yakin dapat menampik bala, santet serta masalah makhluk halus. 

Karena itu Ayam Cemani ini seringkali jadikan jadi persembahan upacara tradisi serta beberapa jenis ritual seperti ritual upacara candi, acara sakral sekatenan serta lain-lainnya yang masih berjalan sampai sekarang ini. 

Bukan Pembawa Apes

Walau Ayam Cemani mempunyai warna serba hitam dari mulai tubuh mata, daging, paruh, mata dan tulang yang berwarna hitam. Ayam ini bukan pembawa apes tetapi pembawa keruntungan jika kamu pelihara ditambah lagi berternak seperti umumnya beberapa botoh penggemar sabung ayam s128. 

Sebab ayam ini mempunyai nilai jual yang benar-benar mahal sebab makin langka serta susah untuk di dapatkan, karena itu jika orang berternak ayam ini dapat jadi satu peruntungan dengan finansial. 

Sebab makin langkanya Ayam Cemani ini, saat ini harga jualnya dapat sampai pada harga beberapa puluh juta rupiah, dari data yang tertera di BackyardChickenCoops Ayam Cemani sekarang ini cuma seputar 3.500-an ekor di muka bumi ini. 

Di Indonesia sendiri beberapa peternak makin berkurang ingin membudidayakan ayam cemani ini sebab dikira berlawanan dengan ajaran agama dimana ayam cemani ini sama serta seringkali di pakai jadi spiritual. 

Ayam Cemani Menurut Riset Sains 

Ayam hitam ini dapat terbentuk sebab dikarenakan kelainan genetik yang di ucap dengan Fibromelanosis, satu diantara gen yang membuat berlangsungnya kelainan genetik di badan ayam. 

Leif Adersson ilmuan yang datang dari swedia ini mengutarakan jika gen itu ialah “Endothelian-3 (EDN-3)” gen yang mengakibatkan sel epidermis di badan ayam membuahkan pigmen berwarna hitam di semua sisi tubuhnya. 

Gen EDN-3 yang ada di badan ayam cemani dewasa hasil dari riset sejumlah 10 kali lipat jika di banding dengan ayam biasa, unsur ini lah yang mengakibatkan semua badan Ayam Cemani rata-rata jadi hitam semua. 

Misteri Telur Ayam Cemani

Hal misterius yang sampai sekarang ini belum teratasi kenapa telur ayam ini tidak berwarna hitam. Dari periset beberapa ilmuwan belum bisa pecahkan misteri dari telur ayam cemani yang berwarna krim ini berlainan dengan tubuhnya yang berwarna hitam keseluruhannya. 

Telur ayam cemani menurut hasil penilitian samalah seperti telur yang berada di Streaming Sabung Ayam S128 dan ayam biasanya yang berwarna krim yang jika di sinari atau di senter. 

Dari perkiraan beberapa ilmuwan tentang warna telur yang tidak sama juga dengan tubuh ayam sebab dikarenakan mutasi fibromelanosis yang ada di sel ayam yang tidak bisa menyebar ke cangkang telur yang membuat telur itu sama dengan telur ayam yang lain. 

Mitos adalah satu narasi waktu lampau serta penafsiran yang belum pasti benar infonya, semua balik lagi pada kita semasing dalam menyikapi mitos itu. Demikian penjelasan mengenai Misteri serta Mitos yang ada di Ayam Hitam Cemani ini, Mudah-mudahan bisa meningkatkan wacana rekan-rekan semua.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.