Header Ads

Ayam Ayunai Ayam Khas Papua


Ayam Ayunai Papua ialah satu type ayam ciri khas Papua yang selintas seperti sekali dengan ayam Saigon sebab mempunyai keunikan legund, alias leher gundul. 

Ayam Legund ini biasanya mempunyai keunikan lehernya tidak ditumbuhi oleh bulu serta seringkali dikaitkan dengan Turkens, Transilvania Naked Neck, Bare Necks, Hackleness, serta Rubber Necks, yang semuanya memilki karakter karakter leher gundul. 

Ini berlangsung sebab terdapatnya Gen Na yang disebut gen menguasai serta punya pengaruh pada perkembangan bulu yang lamban di bagian leher. 

Walau bagaimanapun, ayam legund mempunyai karakter mempunyai bertambahnya berat tubuh yang lebih baik bila dibanding dengan ayam type yang lain. 

Sebab mempunyai berat yang lebih baik tentu saja ayam ini mempunyai daging yang padat, hingga mempunyai kelebihan tahan jam bila jadikan ayam aduan, misalnya ayam Saigon

Nyatanya di negara kita sendiri, ada trah ayam yang sama, yakni Ayam Ayunai yang datang dari Merauke, Papua. 

Ayam Ayunai ini bila disaksikan selintas benar-benar sangat seperti sekali dengan ayam saigon, tapi yang dikit memperbedakan ialah tinggi tubuh dari ayam itu. 

Sebab ayam saigon didapati mempunyai turunan dari ayam bangkok serta shamo yang badannya tinggi tegap, membuat ayam ini mempunyai karakter yang hampir serupa, berlainan dengan ayam ayunai dari Papua

Ayam Ayunai kelihatan lebih kecil, serta berwarna bulu cukup hitam sebab perkawinannya dengan alami di alam bebas tanpa terlibat manusia. Di prediksikan ayam ini adalah trah yang berlangsung dari persilangan ayam rimba dengan Gen Na yang semakin besar hingga memunculkan keadaan spesial. 


Sampai saat ini type ayam ini masih banyak diketemukan bila anda bertandang ke wilayah Merauke Papua, dimana ayam ini biasa diperjualbelikan di pasar tradisionil pada harga yang cukup mahal. 

Ayam ini terkadang jadikan jadi ayam bahan aduan sebab memang karakter dari Ayam Jantan benar-benar agresif bila berjumpa ayam jantan dewasa yang lain. 

Tertarik pelihara ayam ini? mari lestarikan ayam asli Indonesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.