Header Ads

Budaya Sabung Ayam Peru


Peru adalah satu negara di Amerika Latin sisi barat yang dikenal juga dengan nama La Blanquirroja. Negara ini awalnya sisa jajahan Spanyol seperti beberapa negara tetangga mereka di Amerika Latin.

Sama dengan negara tetangganya, Peru kenal budaya Sabung Ayam atau juga dikenal di negara itu dengan nama Pelea de Gallos.

Sabung Ayam Peru dibagi jadi 2 yakni Pico(tidak memakai pisau) serta Spur(memakai pisau), disana acara ini dikenal juga dengan nama lain Rinha de Gallos.

Menurut beberapa pakar arkeologi serta sejarahwan, Sabung ayam telah berada di Peru semenjak jaman Inca bahkan bisa saja lebih lama . Dapat dibuktikan dari ditemukannya relief-relief batu yang memvisualisasikan ayam sedang beradu jadi lambang persembahan pada dewa-dewa Inca.

Berlainan dengan di Kolombia, di Peru sabung ayam sangatlah terorganisir serta legal, dimana kepopuleran acara ini telah menyamakan tinju dengan hadiah yang cukup besar.

Tiap kota di Peru bahkan juga mempunyai minimum satu ajang yang dari sana diberi nama Coliseo de gallos, dimana beberapa wisatan dapat lihat acara ini dengan cara langsung sebab gampang diketemukan serta seratus % legal tidak seperti negara yang lain yang mengilegalkan sabung ayam.

Coliseo de gallos sendiri sesuai namanya yakni Coloseum sabung ayam peru, ajang ini dibikin melingkar serta dialasi dengan basic pasir sama seperti Coloseum di Roma.

Meskipun beberapa masyarakat Peru atau pelancong tidaklah terlalu senang lihat laga sadis, tapi memang dari sana acara ini tidak dilarang meskipun sering ayam yang berlaga harus selesai dengan cacat/kematian.

Kepopuleran acara ini membuat hadiah yang ditawarkan untuk juara besar sekali, tidaklah heran beberapa Galleros keluarkan kocek yang besar untuk perawatan ayam aduan mereka.

Ayam yang dipakai dikit berlainan bila dibanding negara yang lain seperti Asils, serta ayam kombinasi (peranakan ayam asils dengan ayam kampung) dari sana.

Tertarik untuk melihat langsung acara sabung ayam peru ini? langsung bertandang ke sana, sekaligus juga nikmati panorama puing-puing Machu Piccu yang mengagumkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.