Header Ads

Ayam Hutan Gallus Gallus Dan Bakiva Fowl


Ayam ialah hewan sejenis unggas yang seringkali diketemukan serta terbanyak dijaga di semua seluruh dunia sebab faedahnya yang benar-benar inti. 

Hewan ini asal muasalnya ialah dari keturunan satu diantara subspesies ayam hutan yang diketahui dengan nama ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). 

Sampai sekarang terjadi beberapa ratus ayam hasil kawin silang yang membuahkan galur murni atau galur unggul dengan beberapa jenis arah diantaranya untuk ayam potong, ayam petelur bahkan juga ayam aduan. 

Awal Penebaran Ayam 


Didapati jika ayam hutan merah awalannya datang dari Hindustan (India) seputar 4000tahun waktu lalu, serta adalah induk dari semua ayam kekinian yang ada sekarang di penjuru dunia. 

Sebab mempunyai karakter yang unik dari mulai suara kokokan, bulu yang indah, semangat yang tidak mudah menyerah membuat hewan sejenis unggas ini disenangi oleh beberapa orang pada saat itu, hingga sering jadi asset yang bernilai untuk di perdagangkan. Perihal ini pula yang membuat penebaran ayam hutan merah ini benar-benar luas bahkan juga hampir di penjuru dunia. 

Hewan ini dikenal juga mempunyai daging yang enak serta memiliki kandungan banyak gizi hingga benar-benar disukai serta jadi makanan inti yang populer di penjuru dunia dengan beberapa nama serta varietas masakan. Tidaklah heran memang ayam adalah satu diantara hewan ternak yang terbanyak di budidayakan karena serba peranan serta gampang untuk dijaga. 

Sebutlah saja semua produk yang dapat didapat dari ayam, dari mulai daging, bulu, telur, bahkan juga kotoran dari ayam dapat dibuat jadi pupuk membuat hewan ini mempunyai nilai ekonomis yang lumayan tinggi. 

Bila kita lihat dari riwayat di Indonesia sendiri, banyak cerita-cerita dari jaman kuno tentang Ayam serta peranannya dalam narasi itu, seperti dari mulai Cindelarras, La Maddukkelleng, Sultan Hasanudin serta masih banyak narasi yang lain. Ini menunjukkan jika di negara kita sendiri Ayam telah jadi hewan yang benar-benar disenangi serta banyak dijaga oleh warga. 


Di sejumlah wilayah di Indonesia ada satu budaya dimana warga memakai ayam jadi bahan aduan seperti di Bali dengan nama Tajen, atau di Sulawesi dengan nama Massaung Manuk. 

Beberapa jenis fakta mereka pakai untuk lakukan pembenaran pada acara ini, tapi sudah adalah adat yang tertera oleh riwayat dimana dari dulu telah dikerjakan oleh beberapa pendahulu serta beberapa raja-raja di wilayah itu. 

Berikut dikit tentang asal mula dari Ayam jadi hewan peliharaan yang paling disenangi di dunia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.